Gejala & Pencegahan (Filariasis) Kaki Gajah

nyamuknya aja biar ga serem

Penyakit Kaki Gajah atau Filariasis adalah penyakit menular yang disebabkan oleh cacing Filaria yang ditularkan melalui berbagai jenis nyamuk.  Lebih tepatnya bahwa yang menjadi penyebab kaki gajah sendiri bukanlah larva cacing filaria, tapi anak cacing filaria itu, yang disebut dengan larva mikrofilaria.  Untuk mengetahui apakah seseorang punya larva itu atau tidak, perlu dilakukan pemeriksaan larva dalam tubuh. Namun larva itu hanya bisa terdeteksi malam hari, karena mikrofilaria hanya keluar pada malam hari saja.

Penyakit ini bersifat menahun (kronis) dan bila tidak mendapatkan pengobatan, dapat menimbulkan cacat menetap berupa pembesaran kaki, lengan dan alat kelamin baik perempuan maupun laki-laki. Penyakit ini cukup banyak ditemukan di Indonesia.

Cara Penularan

Penyakit ini ditularkan melalui nyamuk yang menghisap darah seseorang yang telah tertular sebelumnya. Darah yang terinfeksi dan mengandung larva dan akan ditularkan ke orang lain pada saat nyamuk yang terinfeksi menggigit atau menghipas darah orang tersebut.

Tidak seperti Malaria dan Demam berdarah, Filariasis dapat ditularkan oleh 23 spesies nyamuk dari genus Anopheles, Culex, Mansonia, Aedes & Armigeres. Karena inilah, Filariasis dapat menular dengan sangat cepat.  Kalau cacingnya filaria, maka larva mikrofilaria yang dibawa oleh nyamuk akan menyumbat pembuluh dan kelenjar limfe sehingga tidak bisa mengalir ke seluruh bagian tubuh dengan lancar. Akibatnya, terjadilah pembengkakan organ tubuh, seperti pada lengan, kaki atau alat kelamin.

Gejala klinis

Gejala Filariais Akut dapat berupa:

  • Demam berulang-ulang selama 3-5 hari, demam dapat hilang bila istirahat dan muncul lagi setelah bekerja berat
  • Pembengkakan kelenjar getah bening (tanpa ada luka) didaerah lipatan paha, ketiak (lymphadenitis) yang tampak kemerahan, panas dan sakit
  • Radang saluran kelenjar getah bening yang terasa panas dan sakit yang menjalar dari pangkal kaki atau pangkal lengan kearah ujung (retrograde lymphangitis)
  • Filarial abses akibat seringnya menderita pembengkakan kelenjar getah bening, dapat pecah dan mengeluarkan nanah serta darah
  • Pembesaran tungkai, lengan, buah dada, buah zakar yang terlihat agak kemerahan dan terasa panas (early lymphodema)

Gejala klinis yang kronis berupa pembesaran yang menetap (elephantiasis) pada tungkai, lengan, buah dada, buah zakar (elephantiasis skroti).

Diagnosis

Bila seseorang tersangka Filariasis ditemukan tanda-tanda dan gejala klinis, diagnosis dilakukan dengan pemeriksaan darah jari yang dilakukan mulai pukul 20.00 malam waktu setempat. Seseorang dinyatakan sebagai penderita Filariasis, apabila dalam darah ditemukan mikrofilaria.  Seseorang yang sudah terinfeksi larva mikrofilaria selam 10-14 hari adalah mereka yang paling berisiko sebagai mesin penular penyakit kaki gajah.  Mereka masih kelihatan normal dan tidak bergejala. Jadi satu-satunya cara untuk mencegah penularannya adalah memutus rantai penyebaran menggunakan obat.  Ini akan lebih mudah ketimbang membunuh nyamuk pembawa larva itu yang jumlahnya sangat banyak.

Pada tahap awal, biasanya penderita akan mengalami demam berulang, ada benjolan yang terasa nyeri pada lipatan paha atau ketiak, dan teraba adanya urat seperti tali yang berwarna merah dan sakit mulai dari pangkal paha atau ketiak. Sedangkan pada tahap lanjut (kronis) akan terjadi pembesaran yang hilang timbul pada kaki, tangan, kantong buah zakar, payudara dan alat kelamin wanita.

Pencegahan

Pencegahan dapat dilakukan dengan:

  • Berusaha menghindarkan diri dari gigitan nyamuk penular
  • Membersihkan tanaman air pada rawa-rawa yang merupakan tempat perindukan nyamuk, menimbun, mengeringkan atau mengalirkan genangan air sebagai tempat perindukan nyamuk
  • Membersihkan semak-semak disekitar rumah
  • Tidur menggunakan kelambu
  • Lubang angin (ventilasi) rumah ditutup kawat kasa halus
  • Memakai obat gosok anti nyamuk
  • Melakukan penyemprotan untuk membunuh nyamuk dewasa
  • Memeriksa diri ke puskesmas atau dokter bila tetangga atau keluarga terkena filariasis.

Mudah²an informasi ini dapat membantu masyarakat untuk lebih waspada dan pencegahan dini terhadap virus mikrofilaria bakal kaki gajah.  Jika ada tambahan informasi tentang hal ini bisa di tambahkan dalam kolom komeng.

[ad#co-1]

40 Responses to Gejala & Pencegahan (Filariasis) Kaki Gajah

  1. fayza hiqmah says:

    :SS
    nakutin….:(
    .-= fayza hiqmah´s last blog ..~belum ada judul~ =-.

  2. Erikson says:

    makasi infonya.. apalagi musim hujan gini banyak genangan air, mesti rajin-rajin jadinya.. :d/
    .-= Erikson´s last blog ..Seyuman Badut Sapi =-.

  3. julie says:

    info yang lengkap bro
    :)

  4. Dewi Yana says:

    Assalamu’alaikum,
    Terima kasih untuk info yang sangat bermanfaat ini. Pak, saya ijin copy untuk saya bagikan (posting) ke taman2 milis ya.. (saya sebutkan sumbernya). (Dewi Yana)
    .-= Dewi Yana´s last blog ..Mengatasi Kegundahan Hati =-.

  5. Omiyan says:

    baca dikoran dan berita sungguh mengerikan…semoga kita sadar bahwa kebersihan lingkungan adalah kunci dari mengantisipasi berbagaia penyakit
    .-= Omiyan´s last blog ..New Blog : Fotowallpaper.wordpress.com =-.

  6. Didien® says:

    @ Dewi : alikumsalam,silahkan mbak.. ;)

  7. Deka says:

    Wah bermanfaat sekali. Terima Kasih Infonya kebetulan saat ini dikamar sudah mulai banyak nyamuk berkeliaran entah mau mudik lebaran kali. Harus Diwaspadai dengan status siaga 1 (ala)

  8. mahardhika says:

    Astagfirullah…
    Jauh jauh deh yg namanya nie penyakit,
    moga semua sehat terus ya mas….
    Tok tok bisik2 tp kedengeran sekampung ” mas nambah bny aja blognya, ga susah urusnya’? :)

  9. mahardhika says:

    besok libuurrrr……..:d/
    .-= mahardhika´s last blog ..Ngalor Lindur =-.

  10. mahardhika says:

    Selamat hari makan daging sedunia mas…..:-\”

  11. mamah aline says:

    makasih infonya kang didien, pas bgt si sulung tanya soal kaki gajah dan saya blm ngasih jawaban yg tepat, mlh dpt uraian yg jelas disini, thanks sekali lagi

  12. kaki gajah..yang kakinya jadi ukuran gede ntu kan
    ngeri juga yah…ternyata biang keroknya nyamuk rupanya
    .-= Financial Adviser´s last blog ..Save Money on Mobile Phone Bill =-.

  13. AtA chan says:

    ..
    Semoga kita selalu diberikan kesehatan ya bro..
    ..

  14. yangputri says:

    makasih kang dien inponya… :)>-
    .-= yangputri´s last blog ..Kenangan Cinta =-.

  15. info yang lengkap dan informatif, mas didien. baru kali ini saya tahu info ttg penyakit kaki gajah ini.
    .-= sawali tuhusetya´s last blog ..Pembuatan Blog dalam Rangkaian Program Bermutu =-.

  16. Reza Fauzi says:

    terima kasih tipsnya yaaa… mudah-mudahan bermanfaat buat kita kita :D
    .-= Reza Fauzi´s last blog ..Orang Taiwan vs Bule – Cerita Humor =-.

  17. riFFrizz says:

    tips yang bagus tuh !

  18. hiiiii serem…
    .-= haciiiiiiiiii´s last blog ..Harga Sebuah Harga Diri =-.

  19. thx infonya…:)>-
    .-= haciiiiiiiiii´s last blog ..Harga Sebuah Harga Diri =-.

  20. ok says:

    semoga kawan2 blogger&semuanya dapat menjaga kesehatannya :)
    .-= ok´s last blog ..Asal Usul Nama Cicak vs Buaya =-.

  21. D3pd says:

    Selamat Hari Raya Idul Adha 1430 Hijriah;)

  22. cantigi says:

    mengerikan juga ya bro, semoga kita semua sehat2 aja deh
    .-= cantigi´s last blog ..RC QD Hen Long =-.

  23. elmoudy says:

    moga kita semua sehat semua
    dan gak ada lagi kaki gajah di negeri ini…
    kasian yg punya kaki semut.. hehhe kidding kok
    .-= elmoudy´s last blog ..The Twilight Saga : New Moon =-.

  24. rayya says:

    Assalamu’alaikum Mas Didin.

    Minta ijin untuk menyalin sebagian tulisan ini, Mas. Kakak saya sedang mencari artikel filariasis. Sumbernya tetap saya sertakan.
    ***

    Terimakasih, dulu Mas Didin bersedia mengunjungi blog saya [rayyahidayat.blogspot.com]untuk mengikuti IBSN blog award. Maaf, saya baru bisa menulis lagi.
    Thanks a lot ;)
    .-= rayya´s last blog ..i’ve moved ;) =-.

  25. bhogey says:

    sungguh, jangan sampai kita yang terkena…
    ayo 3M :d
    salam blog sehat:d/
    .-= bhogey´s last blog ..Mediaqu.com – Free Blog Hosting Karya Anak Bangsa =-.

  26. embun777 says:

    hmm… nakutin bgt ya..:-?
    trims inponya.
    .-= embun777´s last blog ..BAIK BAIK SAYANG – WALI BAND =-.

  27. malam……….
    lengkap
    mantap
    dan pasdti berguna
    salam hangat selalu
    .-= dobleh yang malang´s last blog ..Cinta cuma sepenggal dusta =-.

  28. Edi Psw says:

    Tulisannya menarik banget.
    .-= Edi Psw´s last blog ..Narsis Bersama Five Minutes =-.

  29. defacebooks says:

    ijin copas utk mading…:)>-

  30. demoffy says:

    hmm..!! penyakit bahaya tuh jika enggak sgra ditangani…
    .-= demoffy´s last blog ..Dream Must Be true =-.

  31. Ria says:

    penyakit ini nyeremin loh mas…semoga lingkungan kita terbebas ya…

    *mulai berfikir untuk beres2 kamar nanti malam :D*
    .-= Ria´s last blog ..Kecewa Karenamu =-.

  32. kalo dikota masih jarang yah yang kena penyakit ini
    .-= Financial Adviser´s last blog ..Startup Business Plan for Beginner =-.

  33. Inti pencegahan nya menjauhkan diri dari nyamuk yah

    makasih kk, berguna banget info nya. filariasis penyakit yang mengerikan banget soalnya
    .-= Angga Labyrinth™´s last blog ..Smart EVDO Rev-A dengan ZTE USB Modem AC2728 =-.

  34. komuter says:

    adakah cara menghilangkan nyamuk-nyamuk di rumah……
    .-= komuter´s last blog ..Rekan seperjalanan =-.

  35. Rindu says:

    Besok janji deh bersih bersih rumah :d/
    .-= Rindu´s last blog ..Blog ini DITUTUP =-.

  36. masi kaki gajah juga… tangan gajah ad ga mas :)>-
    .-= mahardhika dewi´s last blog ..Tahukah Anta =-.

  37. terimakasih infonya mas…maaf baru berkunjung kesini

  38. Zack Yuhanis says:

    Terima kasih atas informasi yang sangat berguna.

  39. eliy says:

    menarik
    tapi sedikit mengerikan
    kalo penyakitnya udah over
    bisa di sembuhin gak yah ?
    kasian :(

  40. ristizona says:

    semoga kita semua tidak terkena penyakit ini. aamiin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>